Sanem-Isyak BETARE di Malam Tahu Baru: Mereka Ingin Selalu Ada di Hati Masyarakat Belitung

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Tepat pada malam pergantian tahun 2023-2024, di Bundaran Satam, Sanem-Isyak, Bupati dan Wakil Bupati Belitung, BETARE/ pamitan dengan masyarakatnya.

Gelaran acara tersebut, juga sebagai ungkapan rasa terima kasih. Selama 5 tahun menjabat, pada Minggu 31 Desember 2023, usai sudah dedikasi dan pengabdian mereka berdua.

IMG-20240621-WA0024

Tak bisa dipungkiri, banyak torehan prestasi dan karya selama mereka sebagai Pimpinan daerah ini. Dengan 16 program inovasi yang jadi janji politiknya, telah diimplementasikan. Meski realitas di lapangan, perwujudan janji belum sempurna, ini bisa dipahami, mengingat dalam perjalanan mereka, sempat dihantam pandemi covid.

Tak perlu dikisahkan tentang dampak pandemi, semua pasti tahu. Yang perlu kita tahu, bagaimana mereka berupaya semaksimal mungkin untuk memulihkan roda ekonomi Belitung.

Dr. Zakina, S.Sos., M.Si, selaku Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah, menuturkan ada banyak capaian yang luar biasa telah berhasil diraih, menghasilkan nilai yang signifikan seperti membuka penerbangan Internasional rute Kuala Lumpur dan Singapura langsung dari Tanjung Pandan pada tahun 2019 sampai 2020.

Di tahun 2021, angka harapan hidup 71.10, menjadi 71.31 pada tahun 2022. Pertumbuhan ekonomi meningkat, rata-rata lama sekolah naik menjadi 8.47 tahun, dan turunnya angka putus sekolah yang melampaui target sebesar 138.39 persen.

Tidak sampai di situ, pendapatan per kapita juga meningkat drastis, dari 13.671 menjadi 14.045. Desa maju bertambah dari 29 menjadi 37 desa. Tak kalah pentingnya, saat ini jumlah warga miskin ekstrem Belitung hanya tinggal 22 orang atau 10 kepala keluarga.

Dengan capaian kinerja yang dilakukan pasangan itu, sebagai orang yang dekat dengan mereka, Pak Sanem pasti memiliki harapan agar prestasinya dan programnya bisa terus dikenang oleh masyarakat, meski pun ada kendala yang belum sempat beliau atasi.

Di matanya, Pak Sanem dan Pak Isyak Merobie merupakan kombinasi pasangan yang serasi. Dimana sebutnya Pak Sanem dengan kebijakannya dan Pak Isyak Merobie dengan kecerdasannya. “ Tak salah bila mereka disebut seperti pesawat terbang yang sebentar lagi akan Betare,” ujar Zakina.

Lanjutnya, pada acara Betare, ada banyak hiburan. Sebuah suguhan acara yang tak biasa dan berkesan, untuk mengenang beliau. Seperti, tayangan perjalanan mereka dan drama komedi, agar masyarakat Belitung bisa ikut menyaksikannya. Untuk cerita perjalanan, kini telah dirangkum dalam bentuk Komik yang berjudul, Belitung Besame (Legasi, Inovasi, Pelayanan Sepenuh Hati).

‘’Kalau sebelumnye Sanem, Isyak selalu dihati, tahun ini Sanem, Isyak tetap di hati, walau pun dak jadi agik, tapi tetap di hati.’’

‘’ Terkenang dengan jasa-jasa beliau, 16 program inovasi, membangun Belitung. Yang dulu gak ada MICE Internasional, sekarang jadi ada. Terlihatkan gambaran kemajuan kita. Jalan-jalan juga sudah bagus. Belum yang lainnya. Itu kan sudah tergambar semuanya,’’ tutur Zakina lagi.

Harapannya, ke depannya, siapa pun Pemimpinnya bisa meneruskan kembali apa yang sudah diraih, diteruskan untuk menuju masa depan Belitung lebih maju. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *