Event Belitung Chinese International Festival Di Perediksi Akan Tingkatkan Perekonomian Daerah

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Event Belitung Chinese International Festival (BCIF) 2024 yang berlangsung saat momen Cengbeng di Tanjungpandan, Belitung akan berlangsung sampai 4 April 2024 mendatang.

Ketua Panitia Penyelenggara BCIF Ayie Gardiansyah mengatakan, Waktu Cengbeng atau ziarah kubur etnis Tionghoa memang digelar pada waktu yang sama setiap tahunnya.

IMG-20240621-WA0024

“Artinya sudah begitu tahun ke tahun, sehingga kalau tahun ini sama dengan bulan puasa, itu bertepatan saja momennya,” ujarnya

Jika ada riak-riak dalam penyelenggaraan festival sudah menjadi hal yang wajar, karena mungkin belum mengetahui soal Cengbeng atau bagaimana kontribusi momen ini terhadap perekonomian di daerah.

Baca Juga: Belitung Chinese Internasional Festival di Buka, Harapannya Dongkrak Pariwisata

Baca Juga: Event Belitong Chinese International Festival Merangkai Semua Potensi Budaya Di Belitong

Namun untuk persoalan sumber dana dari BCIF 2024 ini, ia juga menjelaskan, bahwa dana perayaan ini tidak bersumber dari APBD, tapi dari hasil gorong rotong.

“Kalau pemikiran saya, semata-mata kami menyambut baik yang digagas Pak Pj Bupati (Yuspian),” kata pria yang juga tokoh masyarakat Tionghoa, tambahnya mengatakan bahwa “Kami juga merasa kalau Pak Pj Bupati perintah mengerjakan ini, kami coba bantu untuk mengemasnya,” katanya lagi

Berlangsunya BCIF ini juga merupakan upaya agar Belitung memiliki event pasca Pemilu 2024, sehingga diharapkan dapat memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat.

Tentu lebih baik, jika event tersebut dapat menarik maskapai untuk menambah jumlah penerbangan atau membuka rute baru ke Belitung.

“Aku juga baru disadarkan Pak Pj Bupati besar potensi uangnya. Kami sempat data juga makam, di Belitung dan Belitung Timur ada sekitar 10 ribu. Kalau satu orang bawa uang Rp5 juta-Rp6 berapa puluh miliar (potensi ekonomi), yang didapat masyarakat Belitung pada acara diwaktu yang panjang ini,” pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *