Event Belitung Chinese International Festival Merangkai Semua Potensi Budaya Di Belitong

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Ribuan masyarakat Belitung padati Bundaran Batu Satam menyaksikan Grand Opening Belitung Chinese International Festival (BCIF) digelar, Sabtu (9/3/2023)

Event yang digelar pada momen Cengbeng atau ziarah kubur etnis Tionghoa ini akan berlangsung kurang lebih selama satu bulan, dimulai 9 Maret – 4 April 2024 mendatang di Kota Tanjungpandan.

IMG-20240621-WA0024

Beberapa rangkaian kegiatannya menyemarakan acara Grand Opening BCIF tersebut, di antaranya Parade Kebhinekaan, Tari Selamat Datang dan Tari Mira-Mira Pinang Massal.

Rangkaian opening ceremony BCIF 2024, menampilkan parade kebhinekaan dari berbagai suku, ras dan kebudayaan yang hidup berdampingan di Belitung menyita perharian masyarakat Belitung.

Parade ke-Bhinekaan ini diikuti oleh komunitas budaya seperti dari kampung Bugis Tanjung Binga, Suku Sawang, Barongsai Singa Mas Sakti, Kesenian Dul Mulok Tiang Balai Kembiri dan lainnya.

Tak hanya itu, dalam penampilan event tersebut, juga melibatkan 1.000 penari, menampilkan Tari Selamat Datang dan Tari Mira-mira pinang yang melingkarin Bundaran Batu Satam, sukses menyita perhatian masyarakat, sorak dan teriakan pun terdengar, sebagai gambaran dari kegembiraan masyarakat Belitung pada opening ceremony BCIF 2024.

Pj. Bupati Belitung, Yuspian mengungkapkan rasa syukur atas suksesnya pembukaan Belitong Chinnese Internasional Festival dan partisipasi masyarakat yang sangat luar biasa.

“Karena kegiatan ini nantinya akan menjadi momen kebangkitan sektor pariwisata di Pulau Belitong,” ujarnya

Belitung Chinese International Festival bisa merangkai semua potensi budaya yang ada di Pulau Belitong untuk menjadi sesuatu kekuatan dan meningkatkan promosi wisata.

“Event diharapkan berkelanjutan dan menarik dunia internasional untuk datang ke Pulau Belitong,” pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *