Kadis DLH Belitung Tahunya, Rencana Pembuatan Tambak Udang di Seliu Dari Media Massa

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung, Yasa mengatakan, PT. Putra Kekal Nusantara (PKN) belum kantongin izin untuk pembuatan tambak udang vaname di Pulau Seliu.

“Dinas Lingkungan Hidup belum pernah kedatangan baik pihak Perusahaan maupun Pemerintahan Desa Pulau Seliu terkait dengan izin investasi untuk tambak udang vaname,” kata Yasa dalam RDP bersama DPRD, Senin (18/3/2024)

IMG-20240621-WA0024

Yasa mengatakan, bila tidak ada pemberitaan di media massa, bahkan sampai 5 alat berat sudah diturunkan untuk tambak udang, mungkin pihaknya tidak mengetahui apa yang terjadi di Pulau Seliu.

“Kami juga kaget kenapa tiba – tiba ada kedatangan alat berat di sana. Secara resmi pihak perusahaan dan Pemdes belum pernah sama sekali datang ke DLH,” tukas Yasa.

Apalagi sebelum izin tersebut diberikan, hal utama yang harus diketahui yakni menyangkut Tata Ruang, Tata Wilayah sesuai Perda RT RW Kabupaten Belitung.

“Apakah Pulau Seliu itu peruntukannya untuk tambak udang atau pariwisata, kalau memang perda itu masih berlaku, berarti jelas, Pulau Seliu itu diperuntukkan untuk sektor pariwisata,” jelasnya lagi.

Masih di tempat yang sama, Kepala Desa Pulau Seliu, Edyar mengatakan, tambak udang itu nantinya, akan ada kompensasi yang diberikan kepada masyarakat dari pihak perusahaan.

Sehubungan dengan rencana tersebut, sebagian masyarakat telah menyetujui. Sebanyak 265 KK (Kartu Keluarga) dari total 345 KK yang ada di Desa Pulau Seliu sudah menandatangani persetujuan tersebut.

Berangkat dari sinilah ujar Edyar, dasar rekomendasi Kepala Desa dikeluarkan izin, yang dilanjutkan ke Dinas PUPR dan Dinas Kehutanan Provinsi.

“Mungkin nanti selanjutnya, kelengkapan perizinan akan dilengkapi sambil berjalan. Sambil berjalan satu-satu perusahaan mengurus izin, karena gak mungkin sekaligus masuk perizinan itu karena setiap Dinas punya kajiannya masing-masing,” ujar Edyar. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *