Peduli Pendidikan, Desa Perawas Tiap Tahun Berikan Beasiswa, Sehingga Tak Ada Alasan Untuk Tidak Sekolah

oleh -

Belitung, belitongbetuah.com — Sejak 4 tahun terakhir Desa Perawas, Kecamatan Tanjungpandan, setiap tahunnya membantu para siswa yang berprestasi dan kurang mampu, sebagai bentuk motivasi atau dukungan untuk tetap semangat ke sekolah.

Tahun ini sebanyak 36 orang yang terdiri dari siswa SD, SMP dan SMA mendapat beasiswa, masing- masing senilai Rp 1 juta. Beasiswa tersebut, bukan berupa uang, namun berupa barang kebutuhan sekolah.

IMG-20240621-WA0024

Ada seragam sekolah, baik putih merah untuk pelajar SD, putih biru bagi siswa SMP dan putih abu- abu buat mereka yang duduk di SMA/SMK. Ini lengkap dengan topi, dasi, kaos kaki. Selain itu, diberi pula pakaian pramuka.

Selanjutnya, tas sekolah. Dan tas sekolah ini juga ada isinya, seperti buku tulis, kotak pensil lengkap dengan atribut di dalamnya, serta kotak makan. Kotak makannya juga, bukan kaleng- kaleng, tapi merek terkenal.

Disampaikan Yahya, Kades Perawas saat ditemui di ruangannya, Kamis ( 13/6/2024) menyatakan bahwa program beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian Desa dalam bidang pendidikan dan sudah dilakukan sejak 4 tahun lalu.

Sebenarnya ujar Yahya, ada banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh desa. Namun, akunya, alasan memilih program pendidikan karena ingin mendorong warganya untuk selalu semangat ke sekolah. Dia ingin Pemerintahan Desa hadir dalam masyarakat dan menjangkau semua kalangan.

Baginya, pendidikan merupakan hal yang penting untuk masa depan anak- anak. “ Karena sumber daya manusia ini sangat dibutuhkan dalam pembangunan. Program ini memang tidak bisa dirasakan secara langsung, bukan seperti bangunan fisik, tapi bisa dirasakan nanti. Jadi tidak ada cerita, warga kita yang dak mampu, tidak dapat sekolah,” ujarnya.

Dijelaskannya pula, program tersebut tidak terlalu banyak dilirik dari desa lain dan dari kelurahan. “ Karena investasinya lambat. Tapi sumber daya manusia itu sangat penting. Kita juga ingin mereka nantinya, bisa menjadi pribadi yang tangguh dan mampu bersaing ke depannya,” harap Yahya.

Lebih lanjut ia katakan, jika para siswa yang mendapatkan beasiswa, berdasarkan usulan dari pihak sekolah. “ Awalnya kita sosialisasi. Yang kita utamakan mereka yang berprestasi, kemudian bagi mereka yang kurang mampu. Sesuai dengan Juknis APBDes, yang memang dana desa itu kita peruntukkan bagi yang kurang mampu,” ungkapnya, lalu menambahkan selain bersumber dari dana desa, program beasiswa juga bersumber dari PADes.

Di Desa Perawas sendiri, terdapat 3 Sekolah Dasar yakni SDN 43, SDN 44 dan SDN 48. “ SMP ada 1, yaitu SMP N 5, SMA ada 1 dan SMK juga ada 1. Mereka yang menerima beasiswa ini tiap tahunnya berganti. Usulan dari sekolah,” jelasnya, seraya menyebutkan untuk pembagian beasiswanya diadakan di kantor desa. (Yusnani)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *