ASN Atau PNS Harus Menjaga Netralitas Dan Integeritas Selama Pelaksaan Pilkada

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga netralitas dan integritas selama proses Pilkada berlangsung.

Bupati Belitung Timur, Burhanudian (Aan) mengatakan, netralitas merupakan prinsip yang sangat penting dalam memastikan bahwa proses pemilihan berjalan dengan adil dan transparan, serta mencerminkan keseriusan dalam mendukung jalanya demokrasi.

IMG-20240621-WA0024

Netralitas ASN tidak hanya merupakan kewajiban hukum, tetapi juga kunci untuk membangun kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan Pilkada.

‘’ASN atau PNS harus menghindari segala bentuk kegiatan atau perilaku yang dapat dianggap sebagai dukungan atau intervensi terhadap salah satu kandidat atau partai politik,” kata Aan saat membuka sosialisaasi jadwal persiapan pelaksaan Pilkada serentak 2024 di Auditorium Zahari M.Z, Rabu (19/6/2024).

Seluruh ASN atau PNS harus berpegang pada prinsip netralitas dan bertindak sesuai dengan kode etik dan norma-norma keprofesionalan ASN dalam setiap tindakan dan keputusan yang diambil serta menjauhi segala bentuk konflik kepentingan yang dapat mengganggu objektivitas dalam menjalankan tugas.

“Jika terlibat dalam kegiatan pendidikan politik, pastikan informasi yang disampaikan bersifat netral dan informatif. Dengan menjaga netralitas dan integritas, kita dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam menciptakan Pilkada Serentak yang bersih, adil, dan demokratis,” ujarnya.

Selain itu ia juga kepada seluruh masyarakat untuk turut serta dalam proses tahapan Pilkada serenatak ini dengan cara memberikan dukungan dan partisipasi aktif, termasuk menjaga keamanan, ketertiban, dan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi selama proses Pilkada berlangsung.

“Saya mengharapkan agar proses pemilihan dapat dilaksanakan secara terbuka dan transparan,’’ harapnya.

Tambahnya, untuk Informasi mengenai tahapan dan jadwal pemilihan harus dapat diakses oleh seluruh masyarakat agar bisa mengetahuai tahapan-tahapan pelaksanakan Pilkada yang sedang berlangsung. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *