Loka POM Belitung Dukung Aksi Intervensi Percepatan Penurunan Stunting

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Loka POM Belitung dukung aksi intervensi serentak penurunan stunting sesuai arahan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kepala Loka POM Belitung, Asrudin dalam siaran persnya mengatakan, aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024 Kabupaten Belitung Timur berkolaborasi dengan Bupati Drs. Burhanudin dan Wakil Bupati Khairil Anwar Belitung Timur melakukan intervensi terpadu di Posyandu Dahlia 10, Desa Sukamandi, Kecamatan Damar – Kabupaten Belitung Timur.

IMG-20240621-WA0024

Tujuan dari lntervensi Serentak Pencegahan Stunting (ISPS) merupakan Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2024. Sehubungan dengan aksi tersebut, Asrudin menerangkan berbagai upaya dilakukan.

Seperti mendeteksi dini masalah, dengan memberikan edukasi kepada seluruh sasaran. Juga melakukan intervensi segera bagi sasaran yang memiliki masalah gizi dan meningkatkan kunjungan cakupan sasaran ke Posyandu.

Loka POM di Kabupaten Belitung pada kesempatan ini memberikan Edukasi dengan materi “Stunting dan Keamanan Pangan” di sampaikan oleh staff Loka POM di Kabupaten Belitung.

Stunting adalah gangguan tumbuh kembang anak yang tidak tumbuh sesuai umurnya, di mana anak lebih pendek dari rata-rata tinggi anak normal di usianya.

“Pencegahan Stunting dapat dilakukan dengan menerapkan 5 Kunci Keamanan Pangan untuk mencegah kontaminasi dan menjaga agar pangan selalu aman dan bergizi untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga,” terang Asrudin.

Kaitan dengan hal tersebut, setidaknya ujar Asrudin ada lima Kunci untuk Keamanan Pangan: Jagalah Kebersihan, Pisahkan Pangan Mentah dan Matang, Masaklah dengan Benar, Jagalah Pangan pada suhu Aman, Gunakan Air dan Bahan Baku yang Aman.

Selain memberikan edukasi langsung terkait Keamanan Pangan dengan 5 Kunci tadi, di sampaikan pula pentingnya mengetahui Waspada Bahan Berbahaya Dalam Pangan, dan Nomor Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) ) Loka POM di Belitung. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *