Review Layanan, Loka POM Belitung Adakan Forum Konsultasi Publik Tiap Tahun

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Loka POM Belitung gelar Forum Konsultasi Publik, Kamis (20/6/2024), bertempat di BW Suite, dengan tujuan menyebarkan informasi obat dan makanan kepada masyarakat dan Pemangku kepentingan.

Dalam kesempatan itu, Kepala Loka POM Belitung Asrudin menerangkan forum konsultasi publik merupakan kegiatan yang saban tahun diadakan guna me-review layanan mereka.

IMG-20240621-WA0024

Hal itu untuk membangun sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang adil, transparan dan akuntabel bagi pengguna dan penerima layanan Loka POM.

Dijelaskannya, tahun 2023 ada 5 standar pelayanan dan pada 2024 standar Loka POM Belitung meningkat menjadi 8 layanan.

“Sebenarnya standar pelayanan Unit Pelaksana Teknis ada sembilan, namun Loka POM Belitung baru ada delapan. Masih ada satu pelayanan yang belum yakni pengujian,” ujar Asrudin.

Pada pertengahan 2024 pihaknya menargetkan dapat melakukan pelayanan pengujian meskipun baru pengujian standar level satu.

Untuk pemenuhan pelayanan tersebut, sekarang Loka POM Belitung tengah mempersiapkan laboratorium dan menunggu kompetensinya, sehingga Asrudin menargetkan tahun ini layanan pengujian sudah bisa dipergunakan.

Tahap pertama layanan pengujian yang akan dioperasikan yakni layanan pengujian bahan pangan dan makanan serta obat-obatan, sementara itu untuk produk kosmetik belum dilaksanakan.

Untuk pengujian obat-obatan jelas Asrudin, ada sembilan parameter yang di uji, termasuk bahan-bahan obat tertentu yang sering disalahgunakan oleh masyarakat, seperti Tramadol, Trihexypenidhyl.

“Jadi kami memastikan bahwa ini obat-obatan tertentu (OOT) tidak disalahgunakan,” tandasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *