Kukuhkan 42 Kepala Desa, PJ Bupati Belitung Ingatkan Tugas, Kewajiban dan Kewenangan

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Pejabat (Pj) Bupati Belitung Yuspian mengukuhkan perpanjangan masa jabatan 42 Kepala Desa tahun 2024 di Gedung Serbaguna Pemkab, Senin (24/6/2024).

Pengukuhan perpanjangan kepala desa selama 2 tahun berdasarkan Undang-undang nomor 3 tahun 2024 tentang perubahan kedua atas UU Nomor 6 tahun 2024 tentang Desa.

IMG-20240621-WA0024

Usai acara pengukuhan, Yuspian menekankan bahwa kades harus memperhatikan apa yang menjadi tugas, kewajiban dan kewenangan, karena ada hal yang berbeda, sebab sistem pemerintahan mempunyai koridor hukum yang harus dipatuhi.

Dalam melaksanakan tugas dan kewajiban tidak boleh kurang dan berlebih, ’’Kalau kurang, kinerjanya dianggap kurang baik atau kurang kompeten. Tapi kalau kewenangan berlebih, takut disalah gunakan, jadi kewenangan itu harus pas,’’ tuturnya.

Sehingga, dia menghimbau para Kades jangan melebihi kewenangan. Apalagi, sekarang Desa sudah mengelola keuangannya secara mandiri. Namun dalam mengelola keuangan, dibutuhkan kompetensi dan pemahaman tentang aturan main dalam pengelolaan dana desa.

Pasalnya ujar Yuspian, masih ada kejadian, dimana para kepala desa terlibat dalam masalah hukum. Tentu, hal ini menjadi konsen kita, dan kembali menyarankan agar kepala desa memahami dalam melakukan inovasi program harus dengan aman dan tidak melanggar aturan.

‘’Kita adalah negara hukum, sistem pemerintahan kita sudah mengatur semuanya. Apa yang harus dilakukan, mana yang boleh, mana yang tidak dan itu harus dipatuhi seluruh kepala desa,’’ ucapnya.

Untuk menghindari hal tersebut, Yuspian berencana melakukan pertemuan dengan kepala desa per Kecamatan, supaya permasalahan yang menonjol di masing-masing wilayah bisa dipahami dengan baik oleh pemerintahan daerah dan diskusikan.

‘’Soalnya di desa ini banyak, di satu desa saja mungkin seribu masalahnya, banyak sekali. Mungkin kalau per kecamatan kasus yang menonjol, apa yang paling urgen, itu lah yang coba kita lakukan diskusi,’’ pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *