Kondisi Geografis Danau Nujau Potensial Dijadikan Sentra Bawang Merah di Beltim

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Desa Gantung, Belitung Timur potensial dijadikan sebagai sentra produksi bawang merah, mengingat kondisi geografis di kawasan Danau Nujau cukup mendukung untuk ditanami bawang merah.

“Bawang merah dapat tumbuh di ketinggian 0-900 meter di atas permukaan laut dan di PH tanah 5.6 sampai 7. Dengan usia panen 60-70 hari, membuat petani di kawasan Danau Nujau banyak yang berminat untuk menanam bawang merah,” kata Koordinator Balai Penyuluhan Pertanian Gantung, Andri Taruna Praja, Rabu (26//6/2024)

IMG-20240621-WA0024

Saat ini ada sebanyak satu ton bibit bawang lokal ditanam di lahan seluas satu hektar. Diharapkan pada saat masa panen mendatang akan menghasilkan 15 ton bawang merah untuk setiap hektarnya.

Sejauh ini menurut Andri, para petani yang dikomandani oleh Dedi Jumadi, sudah empat kali melakukan penanaman bawang merah. Dengan luasan lahan 0,5 hektar. Hasil panenan belum dipasarkan namun masih dijadikan bibit.

“Kita menggunakan untuk proses menuju penangkar benih akan ditindak lanjuti segera. Nanti hasil dari panenan ini sebagiannya akan digunakan untuk bibit,” ujarnya seraya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan Program Binaan Bersama Kodim 0414/ Belitung dengan PT Timah untuk Kelompok Bina Tani.

Sementara itu Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar mengatakan petani Danau Nujau sangat berkomitmen untuk menanam bawang merah, cabai dan padi.

Hal ini juga untuk mendukung program ketahanan pangan sekaligus pengendalian inflasi di daerah.

“Sebenarnya kalau kita lihat dari awal keseriusan petani di Ganse Danau Nujau ini perlu kita acungi jempol. Karena mereka walaupun musimnya seperti apa mereka kekeh, ini bukti mereka tidak main-main,” kata Khairil

Lebih lanjut ia mangatakan bahwa Pemkab Beltim mendukung penuh kawasan Danau Nujau sebagai sentra produksi bawang merah. Apalagi dengan pengalaman para petani dan kondisi tanah di Danau Nujau yang sangat menunjang.

“Ini akan menjadi prioritas untuk kita galakkan. Kita sangat mendukung untuk danau Nujau untuk sentra produksi pertanian dan menjadi pengembangan agrowisata,” tuturnya.

Penanaman Perdana Bawang Merah dihadiri oleh Kepala Staf Kodim 0414 Belitung Mayor K. Gurusinaga, Kepala Bidang Produksi PT Timah Andriansyah, Camat Gantung Mustofa, dan unsur Kodim 0414. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *