Peringati HJKT ke 186, PJ Bupati Belitung Beberkan Langkah Pemda dan Legislatif Membangun Belitung Pada Tahun 2024

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Dalam sidang paripurna yang digelar di Gedung DPRD, Senin ( 1/7/2024) dengan agenda peringatan HJKT (Hari Jadi Kota Tanjungpandan), Pj Bupati Belitung, Yuspian mengungkapkan, Tanjungpandan terus maju dan bertahan sampai pada peringatan Hari Jadi ke-186.

Dalam kesempatan itu, ia katakan, memperingati HJKT ke 186 ada hal yang perlu ditingkatkan yakni menjalin kerja sama untuk bangkit berinovasi, sehingga dapat mengembalikan kejayaan pariwisata Negeri Laskar Pelangi, demi peningkatan perekonomian, kemajuan pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Belitung.

IMG-20240621-WA0024

Fokus pembangunan saat ini, bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki, melalui serta sektor unggulan Pemerintah daerah. Salah satunya merancang strategi pemulihan pariwisata dengan melakukan inovasi pada atraksi, amenitas, dan aksesibilitas di Pulau Belitung agar kunjungan wisatawan terus bertambah.

Berdasarkan data kunjungan, sampai Mei 2024 sebanyak 95.673 wisatawan telah berkunjung ke Kabupaten Belitung. Angka tersebut terang Yuspian, dapat terus bertambah dengan adanya partisipasi berupa promosi yang berkelanjutan terhadap potensi pariwisata yang dimiliki, sehingga terus maju dan berkembang dengan capaian positif.

Baca Juga: Peringati HJKT ke 186, Ketua DPRD Belitung Ingatkan Untuk Mewujudkan Cita- Cita Masyarakat Yang Adil dan Makmur

Yuspian menyebutkan , momen HJKT adalah bagaimana kita kembali mengenang setiap detik perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana yang telah dilakukan oleh KA. Rahad atau Ki Agus Rahad.

KA. Rahad adalah pahlawan pendiri Kota Tanjungpandan yang merebut kemerdekaan dari penjajah, memerintah pada tahun 1821-1854 yang berkedudukan di Kota Tanah (Cerucuk).

Beliau Sendiri baru dilantik sebagai Depati Cakraningrat VIII pada Tanggal 1 Juli 1838. Berdasarkan surat keputusan Nomor: Skep-07/DHD-45/SS/X/2002, Tanggal 7 Oktober 2002 yang dikeluarkan oleh Dewan Harian Badan Penggerak Pembudayaan Jiwa, Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45 Propinsi Sumatera Selatan, K.A. Rahad dan istrinya N.A. Sawuk mendapat piagam penghargaan dan pemancangan bambu runcing bendera merah putih pada makam beliau.

Baca Juga: Andi M. Fadilah dan Kirana Villaire Jadi Bujang Dayang Belitung 2024, PJ Bupati Menaruh Harapan Besar Pada Mereka

“Dalam momen peringatan HJKT, kita senantiasa melakukan agenda tetap untuk mengenang jasa KA. Rahad sebagai pahlawan dan pendiri Kota Tanjungpandan. Agenda tersebut terus kita wujudkan dengan rutin menggelar agenda ziarah ke makam beliau di Desa Kembiri Kecamatan Membalong, yang pada tahun ini kita laksanakan pada hari Jumat, Tanggal 28 Juni 2024,” ungkapnya.

Dia juga menuturkan, setiap langkah membangun daerah dan Kota Tanjungpandan, senantiasa dijiwai semangat untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tenteram, adil, makmur dan sejahtera, sebagaimana semangat yang diwariskan almarhum KA. Rahad dan para pejuang pendahulu kita.

Dari masa ke masa semangat tersebut senantiasa menjiwai setiap langkah yang telah diambil oleh para pendahulu dalam membangun daerah dan Kota Tanjungpandan, terutama dalam melaksanakan perencanaan tata kota, penyediaan infrastruktur dan fasilitas umum, pembangunan sentra ekonomi dan sarana rekreasi, pemeliharaan kebersihan dan keindahan kota, optimalisasi penyediaan lampu jalan atau penerangan untuk Kota, hingga pemeliharaan kamtibmas.

Tahun 2024, langkah Pemerintah Daerah bersama Legislatif dalam membangun Kabupaten Belitung antara lain:

  1. Pemerintah Kabupaten Belitung ke-4 (empat) kalinya memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2023, pada 25 Mei 2024 dan diserahkan oleh disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Opini WTP yang diraih tersebut dengan 4 kriteria penilaian, yakni kesesuaian standar akuntansi pemerintah, efektivitas SPI, kepatuhan terhadap perundang -undangan dan kecukupan pengungkapan (adequate disclosure)
  2. Penganugerahan ADWI 2024 – Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia, Tingkat Nasional, yang diterima oleh Desa Keciput, Kecamatan Sijuk.
  3. Pemenang Penghargaan Pradipta Kencana Eka Kategori PLKB Non ASN dari BKKBN Republik Indonesia, atas nama Malina Saputri, S.Keb.
  4. Pemenang I Praktik Baik Penyelenggaraan Pelayanan Keluarga Sejahtera (Satyagatra) dalam Lomba Praktik Baik Penyelenggaraan Pelayanan Keluarga Sejahtera (Satyagatra) Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima Satyagatra Kencana Bertuah Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.
  5. Pemenang I Kategori Pasangan KB Lestari 20 Tahun Terbaik, dalam Lomba Apresiasi Tenaga Lini Lapangan Terbaik Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima Ibu Yusmini dan Bapak Haironi dari Kabupaten Belitung.
  6. Juara 2 Lomba Video Promosi Pariwisata Pulau Belitung, Kategori Desa Wisata, Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, penghargaan diterima Desa Perpat Kecamatan Membalong.
  7. Juara Favorit Lomba Video Promosi Pariwisata Pulau Belitung, Kategori Desa Wisata, Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima Desa Perpat Kecamatan Membalong.
  8. Indeks Desa Membangun (IDM) Desa Mandiri Tahun 2024 Desa Simpang Rusa.
  9. Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024, Kategori Kelurahan, yang diterima Kelurahan Kampong Damai.
  10. Juara 2 Lomba Desa Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima Desa Sijuk.
  11. Juara 3 lomba Teknologi Tepat Guna, Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kategori Umum, atas nama Mulyana.
  12. Juara II Lomba Poktan UPPKA Tahun 2024 Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima UPPKA 2Y Desa Badau Kabupaten Belitung.
  13. Pencapaian Peserta KB Baru Metode Kontrasepsi IMPLAN Terbaik Tahun 2023, dalam Lomba Evaluasi Program Bangga Kencana Tingkat Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang diterima oleh DPPKBPMD Kabupaten Belitung

Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *