Beltim Gelar PIK 2024, Sebuah Platform Bagi Potensi dan Kreativitas Lokal

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Pemerintah Kabupaten Belitung Timur menggelar Pekan Inovasi Kreatif (PIK 2024. Kegiatan berlangsung selama empat hari, sejak 3 Juli hingga 6 Juli 2024, di Taman Kota Manggar.

Berbagai pertunjukan seni musik, tari dan puisi yang mengusung kearifan lokal ditampilkan dalam acara pembukaan.

IMG-20240621-WA0024

Sebanyak 50 stand dari berbagai OPD ambil bagian. Selain itu pula, para pelaku UMKM tak ingin ketinggalan, suguhkan beraneka macam produk.

Pada kesempatan itu, Kepala Pusat Pengembangan Daya Saing Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT), Dr. Yusra menyatakan Kabupaten Beltim merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki ide untuk menggelar kegiatan ini.

Baca Juga: Kunjungi Pelabuhan Tanjung Ru, Yuspian Akui Memang Banyak Cela Bagi Penyeludup Melancarkan Aksinya

PIK 2024 di Kabupaten Beltim merupakan bukti nyata komitmen pemerintah dalam mendorong semangat inovasi dan kreativitas di seluruh penjuru negeri.

“Saya sangat mengapresiasi inisiatif yang luar biasa dari Pemkab Beltim dalam menyelenggarakan acara ini. Pekan Inovasi dan Kreatif bukan hanya sekadar ajang pameran, tetapi juga sebuah platform untuk menunjukkan potensi dan kreativitas lokal yang dapat menjadi pendorong utama pembangunan ekonomi daerah,” tutur Dr Yusra

Baca Juga: Lepas Atlet Drum Band, Yuspian Melihat Belitung Punya Peluang Besar Juara Umum di Kejurprov

Lanjutnya, Pemerintah pusat, melalui Kementerian DPDTT, mendukung penuh upaya-upaya inovatif. Sebab, inovasi dan kreativitas adalah dua pilar utama yang mampu menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh karenanya, kami sangat bangga melihat bagaimana Kabupaten Beltim mengambil langkah maju dalam memajukan sektor-sektor ini,” katanya.

Disampaikan Yusra, sebagian besar kementerian atau lembaga mempunyai kegiatan yang lokusnya ada di daerah. Pengembangan daerah melalui industri kreatif dapat dijadikan lokus kegiatan bersama untuk mengakselerasi visi Presiden dalam percepatan pembangunan daerah.

“Saya mewakili Menteri DPDTT mengajak Bapak/Ibu semua pihak untuk ikut melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan budaya lokal sebagai sumber inspirasi untuk berbagai kegiatan kreatif guna mendukung sektor pariwisata. Hal ini termasuk mendukung festival budaya, seni pertunjukan, dan kerajinan tangan seperti apa yang ditampilkan pada acara malam hari ini,” ucapnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *