Belitung Expo 2024 Ditutup, Event Tersebut Berdampak Besar Bagi Kelanjutan Pelaku UMKM

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Penyelenggaraan Belitung Expo 2024 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Tanjungpandan ke 186 di objek wisata Tanjung Pendam memberikan dampak berkelanjutan bagi pelaku UMKM di Belitung.

Belitung Expo yang digelar selama lima hari dari 1- 5 Juli, semalam di tutup. Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut sepertinya terealisasi. Yakin, membuat produk UMKM bisa ter promosikan sesuai target, memperluas peluang market dan meningkatkan produktivitas pelaku usaha milik masyarakat. Dengan partisipasi bersama, perekonomian terus meningkat demi kesejahteraan masyarakat.

IMG-20240621-WA0024

‘’Saya berharap para peserta dapat terus meningkatkan produktivitas, kreativitas dan berinovasi dalam mempromosikan produk yang dihasilkan,’’ Kata Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, MZ. Hendra Caya, SE, M.Si, saat menutup Belitung Expo, Jumat malam (5/7/2024).

Tentunya, Pemerintah Kabupaten Belitung akan terus mendukung para pelaku UMKM dengan melaksanakan upaya-upaya dalam mempromosikan segenap potensi yang dimiliki. Diharapkan produk UMKM di Kabupaten Belitung bisa terkenal dan dikenal hingga ke mancanegara yang tidak dapat dilakukan hanya dalam satu waktu.

Baca Juga: Empat Hari Saja, Dari 123 Stand UMKM Yang Ikut Belitung Expo, Hasilkan Rp 1,2 Miliar

Untuk itu kata Hendra Caya dalam sambutannya, promosi secara berulang-ulang di berbagai kesempatan, hingga pelaksanaan berbagai event dengan melibatkan dukungan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi terus dilaksanakan dan merupakan langkah yang harus diambil Pemerintah Daerah sehingga Kabupaten Belitung semakin dikenal, dan berdampak pula pada beberapa hal seperti salah satunya kunjungan wisatawan.

Jika potensi daerah diibaratkan sebagai produk, maka bisa dinikmati setiap saat oleh konsumen. Dalam hal ini, Pemerintah Daerah selaku posisi manajer dengan dukungan stakeholder harus melakukan berbagai langkah lainnya.

Baca Juga: Resmi di Buka, Belitung Expo Tak Pernah Gagal Buat Masyarakat Antusias

Baca Juga: Buka Belitung Expo 2024, PJ Bupati Harapkan Pelaku UKM Lebih Berkreasi dan Berinovasi

Selain mempromosikannya, yakni dengan mengemasnya dengan baik dan se menarik mungkin, agar ketika di-release, konsumen tidak jenuh dan ingin terus menggunakannya.

Selain upaya promosi, Pemerintah Daerah juga terus melakukan upaya lainnya yakni dengan melibatkan masyarakat setempat serta pemangku kepentingan yang tergabung dalam unsur ABCGM (Akademics, Business Sector, Communities, Government, Media) melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif.

Dengan keterlibatan masyarakat dan ke lima unsur tersebut, diharapkan produk yang dimiliki dan dipasarkan oleh Pemkab Belitung memiliki daya saing dan daya tarik hingga ditingkat Internasional.

‘’Hasil yang diperoleh bukan hanya memberikan dampak positif bagi Kabupaten Belitung saja, namun lebih luas berdampak pada kemajuan Indonesia,’’ tutur Hendra Caya lagi.

Tambahnya, tentu saja Belitung Expo bisa mendorong pelaku usaha kreatif agar lebih kreatif dan inovatif, memiliki nilai tambah dan daya saing.

‘’Momen ini harus bisa kita tingkatkan agar bangkit, berinovasi mengembalikan kejayaan pariwisata Negeri Laskar Pelangi, demi peningkatan perekonomian, kemajuan pembangunan, serta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Belitung,’’ pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *