BPK RI Sampaikan LHP LKPP 2023 Ke Presiden,

oleh -

Belitung Timur, belitongbetuah.com – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) Tahun 2023.

Hasilnya, LHP LKPP memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang merupakan opini WTP kedelapan dari BPK RI sejak LKPP 2016.

IMG-20240621-WA0024

Kegiatan ini dihadiri Presiden Ir. Joko Widodo, Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta seluruh Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) mengusung tema ‘Menguatkan Pondasi Keuangan Negara Menuju Indonesia Emas 2045’. Penyampaian LHP LKPP dan IHPS II TA 2023 diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Isma Yatun kepada Presiden Jokowi.

Baca Juga: Warga Beltim Manfaatkan Kulong Bekas Tambang Untuk Kemandirian Pangan

Ditemui saat wawancara di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024), Bupati Belitung Timur (Beltim) Burhanudin mengutip perkataan Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa opini WTP harus dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja daerah dalam penanganan administrasi keuangan.

“Presiden meminta kepada para kepala daerah untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan dan mempertanggungjawabkan keuangan negara, karena itu adalah uang rakyat,” ujar Bupati Burhanudin, yang akrab disapa Aan.

“Setiap administrasi pertanggungjawaban keuangan negara harus dikelola dengan baik, sesuai dengan pedoman keuangan yang telah ditetapkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Aan juga menanggapi pencapaian opini WTP yang telah diraih Kabupaten Belitung Timur sebanyak lima kali. Ia menegaskan komitmen Kabupaten Belitung Timur untuk terus menyelesaikan setiap persoalan dalam penyelenggaraan keuangan daerah.

“Kita sebagai penyelenggara daerah bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan tata kelola keuangan, sesuai dengan regulasi yang berlaku. Kami tetap berkomitmen untuk menyelesaikan setiap persoalan dalam penyelenggaraan keuangan daerah, baik terkait aset maupun manajemen keuangannya,” ujar Aan.

Bupati Belitung Timur ini berharap Kabupaten Belitung Timur terus berkomitmen menyelesaikan setiap persoalan dalam penyelenggaraan keuangan daerah, menyusul raihan opini WTP untuk kelima kalinya.

Sumber : Setda Belitung Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *