Pj Bupati Belitung, Akan Berdayakan MTGR Guna Membantu ASN Bermasalah

oleh -

Tanjungpandan, belitongbetuah.com – Pj Bupati Belitung, Yuspian akan memberdayakan Majelis Tuntutan Ganti Rugi (MTGR) untuk membantu para ASN di OPD yang bermasalah saat menjalankan tugas di Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung.

Terlebih lagi bagi Inspektorat yang merupakan garda terdepan dalam melakukan pembinaan pada ASN di OPD agar tidak langsung bersinggungan dengan hukum. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir, termasuk kesalahan-kesalahan yang terlanjur sudah terjadi.

“Artinya tidak berdampak pada penegakan hukum lebih jauh, sehingga ada sebuah mekanisme yang kita lakukan yang disebut dengan majelis tuntutan ganti rugi,” kata Yuspian saat memberikan arahan dalam sidak kehadiran ASN di Kantor Inspektorat Kabupaten Belitung, Selasa (16/4/2024).

Mengingat sambung Yuspian, peran tersebut memang menjadi moto Inspektorat untuk mengamankan beberapa kasus yang terindikasi pada kerugian negara, dan tidak berujung pada peradilan pidana, apalagi tipikor.

‘’Penyelesaian itu bisa dilakukan penyelesaian administratif dan penindakannya berupa penindakan administratif, diuar dari penindakan secara hukum,’’ tutornya.

Karena itulah, bila ada temuan akan ditindaklanjuti segera, dan bila termonitor ada kerugian negara maka segera dibawa ke forum MTGR, sehingga bisa disidang dan diputuskan siapa yang bertanggung jawab mengganti kerugian tersebut.

‘’Nanti bagaimana keputusannya, serahkan kepada Majelis. Apakah dimintakan kepada yang bersangkutan membayar (kerugian negara) dengan cara mencicil atau sita aset dan seterusnya, itu memiliki kewenangan MTGR,’’ tukas Yuspian.

Ia menambahkan, bila MTGR itu diperluas, tidak hanya bisa memanggil ASN yang terlibat, tetapi pihak ketiga yang terkait dengan kegiatan. Yang fokusnya untuk mengamankan kerugian negara .

“Ini benar-benar sidang kita itu, ada hakimnya. Ada yang membacakan kronologisnya, ada yang menetapkan keputusannya, dan itu sah secara undang-undang dan dimungkinkan,’’ pungkasnya. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *