Ribuan Masyarakat Hadiri Belitong Heritage City Walk Street Carnaval

oleh

Belitung, belitongbetuah.com – Ribuan masyarakat Belitung memadati halaman Gedung Nasional, ikuti event Belitong Heritage City Walk Street Carnaval bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Minggu pagi (3/9/2023).

Sandiaga di dampingi PJ Gubernur Babel, Bupati dan Wakil Bupati Belitung, sempat berkeliling meninjau stand- stand UMKM yang ambil bagian dalam kegiatan Belitong Heritage City Walk Street Carnaval itu.

Sandi menilai, event tersebut merupakan event terbesar pasca pandemi, tampaknya sangat diminati masyarakat dalam rangka menyambut kebangkitan pariwisata.

“Saya lihat juga antusiasme ini menunjukkan bahwa masyarakat siap berkolaborasi dengan pemerintah untuk keberlanjutan,” ujarnya.

Selama di Belitung, ia sempat mengunjungi situs-situs yang merupakan bangunan haritage yang dinilainya dapat menambah daya tarik destinasi pariwisata Belitung. Sebutnya, bangunan tersebut dapat dikembangkan menjadi atraksi baru, di samping keindahan pesisir pantai yang sudah dikenal di kalangan wisatawan.

Dengan majunya pariwisata maka ledakan geliat ekonomi masyarakat akan lebih sejahtera. Untuk mendukung hal itu, Sandi mengatakan caranya dengan membuka kembali penerbangan internasional dari dan ke Belitung.

“Saya akan upayakan secepatnya dan saya bilang ini harus dilandasi event-event berkelas internasional seperti G20 dan sebagainya,” tutur Sandi.

Ia juga menyarankan Bangka Belitung harus mengambil peluang di KTT ASEAN di Jakarta. Setelah selesai KTT, mereka selanjutnya diharapkan berlibur kemari.

Mengingat katanya Pulau Belitong kaya akan destinasi wisata seperti Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, Tanjung Binga dan juga Tanjung Pendam.

“Kemarin di Manggar juga, ada beberapa destinasi- destinasi yang bisa kita kembangkan untuk menjadi atraksi wisata yang menjual,” imbuhnya.

Kemudian terkait keberadaan pelaku UMKM, Sandi menyampaikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tengah mengembangkan dan memperkuat sektor tersebut sebagai rantai pasokan pertambahan nilai.

Hal ini tak terlepas dari banyaknya lapangan kerja yang terserap dari UMKM. “Jadi pengembangan UMKM diharapkan berbasis kewirausahaan dan ekonomi kreatif,” kata Sandi.

Dengan pertambahan nilai lanjutnya, masyarakat lokal bisa merasakan langsung pengembangan dan penguatan UMKM yang digalakkan Kemenparekraf.

“Saya minta pemerintah provinsi dan kabupaten terus berkolaborasi memfasilitasi pelaku UMKM melalui berbagai event bertaraf internasional,” imbuhnya.

Tidak hanya Pemerintah Kabupaten dan Provinsi, Ia juga menekankan pihak swasta juga dituntut bisa berperan dan berkolaborasi sehingga ekonomi masyarakat bergerak. (Arya)


Yuk, ikutin terus perkembangan informasi seputaran Belitong melalui media online belitongbetuah.com atau cukup meng-klik link Fanpage Facebook -nya Belitong Betuah yang selalu menyajikan berita terlengkap seputaran Belitong yang kami update…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *